Minggu, 21 November 2010

CInta

Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan terhadap seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.
Cinta adalah satu perkataan yang mengandungi makna perasaan yang rumit. Bisa di alami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke 21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut:
1. Perasaan terhadap keluarga
2. Perasaan terhadap teman-teman, atau philia
3. Perasaan yang romantis atau juga disebut asmara
4. Perasaan yang hanya merupakan kemahuan, keinginan hawa nafsu atau cinta eros
5. Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
6. Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
7. Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
8. Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
9. Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme
Pengunaan perkataan cinta dalam masyarakat Indonesia dan Malaysia lebih dipengaruhi perkataan love dalam bahasa Inggris. Love digunakan dalam semua amalan dan arti untuk eros, philia, agape dan storge. Namun demikian perkataan-perkataan yang lebih sesuai masih ditemui dalam bahasa serantau dan dijelaskan seperti berikut:
1. Cinta yang lebih cenderung kepada romantis, asmara dan hawa nafsu, eros
2. Sayang yang lebih cenderung kepada teman-teman dan keluarga, philia
3. Kasih yang lebih cenderung kepada keluarga dan Tuhan, agape
4. Semangat nusa yang lebih cenderung kepada patriotisme, nasionalisme dan narsisme, storge
http://id.wikipedia.org/wiki/Cinta











I. Macam-macam Cinta Kasih
A. Cinta KepadaTuhan
Cinta Kepada Tuhan adalah hubungan kita terhadap Tuhan kita yang merupakan Tuhan yang telah menciptakan kita. Cinta kepada Tuhan merupakan hal yang terpenting karena Dia adalah pemilik semua yang ada di dunia ini. CInta kepada Tuhan harus selalu kita jaga, misalkan dengan cara rajin dan taat beribadah, menjalankan perintah agama yang kita anut, menjauhi larangan yang menjadi perintahnya, dll.
B. CInta Kepada Sesama
Cinta kepada sesama dapat diartikan sebagai persahabatan, persaudaraan, atau bahkan cinta kasih. Kalau persahabatan merupakan cinta kita hanya sebatan pertemanan kepada orang lain, misalkan saat kita di sekolah, kita mempunyai banyak teman yang mungkin dari teman kita itu bisa sebagai sahabat dekat kita. Kalau Persaudaraan merupakan cinta kita terhadap saudara-saudara kita. Misal kita mempunyai rasa sayang kepada nenek kita atau bahkan paman kita, itu merupakan contoh dari cinta dalam persaudaraan.
C. CInta Kepada Ibu
Cinta kepada ibu merupakan salah satu hal terpenting dalam hidup kita. Ibu merupakan sosok yang tidak akan terlupakan seumur hidup kita, karena ibu merupakan orang yang sangat berjasa untuk kita. Karena ibu pula kita dapat lahir di dunia ini dan bisa menjadi sekarang ini. Ibu adalah orang pertama yang selalu ada untuk kita yang selalu menjaga kita dan melindungi kita. Oleh karena itu kita harus benar – benar menyayangi ibu kita seperti kita menyayangi hidup kita,karena kasih ibu sepanjang masa.
D. CInta Kepada Diri Sendiri
CInta kepada diri sendiri merupakan bagaimana kita menjaga kesehatan jasmani maupun rohani kta. Kita harus sadar dan mengerti terhadap kondisi diri kita, karena kondisi dan kesehatan tubuh kita merupakan penentu perjalanan hidup kita sehari –hari. Makanya bentuk cinta kita terhadap diri kita setidaknya kita menjaga kesehatan dengan cara makan teratur, makan makanan bergizi, rajin olahraga, dll.

E. CInta Erotis

II. Kemesraan
Kemesraan merupakan perasaan yang timbul pada saat telah terjadi rasa cinta di hati kita. Kemesraan bisa berbagai jenis, misal kemesraan kepada pacar, istri, maupun keluarga.
1. Kemesraan di Tingkat Remaja
Kemesraan di tingkat remaja ahkir – ahkir ini menjadi sorotan banyak orang. Karena Kemesraan para remaja jaman sekarang sudah melebihi batas. Karena mereka sudah berani berhubungan intim di luar pernikahan. Sebenarnya kemesraan di tingkat remaja adalah bagaimana seorang remaja mengenal apa itu cinta, bahkan biasanya masih di bilang cinta monyet. Karena lingkungan yang tidak terjaga makanya terjadi kemeraan yang terlewat batas dan ahkirnya berdampak negative.
2. Kemesraan di Tingkat Keluarga
Kemesraan di tingkat keluarga adalah cerminan cinta kita terhadap keluarga kita. Misalkan kemesraan kita terhadap ayah, ibu, kakak, maupun adik. Kemesraan terhadap keluarga berbeda dengan kemesraan kita terhadap pasangan kita, kalau kemesraan terhadap keluarga kita itu mencerminkan kita supaya kompak dan saling menyayangi.
3. Kemesraan Usia Lanjut
Kemesraan usia lanjut merupakan kemesraan yang dialami oleh orang – orang yang telah menikah atau mempunyai keluarga. Kemesraan yang mereka lakukan merupakan kemesraan sebagai suami istri.

III. Pemujaan
Pemujaan adalah sejenis penyembahan terhadap sesuatu yang kita anggap sacral. Misalnya pada zaman dahulu banyak sekali orang melakukan ritual pemujaan kepada benda – benda atau tempat – tempat sacral. PEmujaan adalah salah satu penghormatan kepada benda/tempat yang kita sakralkan, sehingga orang – orang zaman dahulu lebih sering melakukan pemujaan karena belum mengenal Tuhan dan masih bersifat Animisme dan DInamisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar